Aksi cepat tanggap dari PLH Kapolsek Sejangkung








HUMAS POLRES SAMBAS  - Kamis (30/08) pengecekan terhadap air sungai Sajingan Kecil Kecamatan Sejangkung dengan dasar laporan informasi Nomor: LI / 09 / VIII/ 2018 / Polsek Sejangkung tentang sungai dusun Sajingan Kecil yang telah tercemar oleh limbah perusahaan sawit PT. WHS. Pengecekan dilakukan oleh tim yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari

- Plh.Kapolsek Sejangkung IPDA RIO CHARLES HUTAHAEAN, S.H. beserta bhabinkamtibmas desa semanga’
- Kabid Penegakan Perda Kabupaten Sambas Bp. SUPARDI dan w anggotanya
- Kasi Penataan Hukum Lingkungan Bp. JIMI SAPUTRA dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sambas beserta 2 ( dua ) anggota
- Kasi TPI Dinas Perikanan Bp. HIDAYAT, S.Pi dan Kasi PUD dinas perikanan Bp. FAUZI
- LSM Pokmaswas Sigantar Alam Kabupaten Sambas Bapak Safrudin

Keberangkatan tim menuju sasaran dengan menggunakan Speed Boat 150 PK milik Dinas UDKP Kabupaten Sambas. Didahului dengan konsolidasi yang dipimpin oleh Plh. Kapolsek Sejangkung di Dermaga Wisata Sambas.

Adapun fakta-fakta yang di temukan di lapangan di antaranya

1. Terdapat di beberapa titik aliran sungai Sajingan Kecil Desa Semanga Kec.  Sejangkung tercium aroma menyengat bau ikan busuk , serta 3-4 hari yang lalu banyak ikan-ikan di sungai Sajingan Kecil mati muncul ke permukaan sungai. ikan-ikan yang telah mati mengambang di sungai Sajingan Kecil tersebut diambil untuk dikonsumsi oleh warga masyarakat Dusun Sajingan Kecil.
2. Dilakukan pengambilan sampel air sungai di sungai Sajingan Kecil di dekat pemukiman warga dusun Sajingan kecil dan di aliran sungai serabung yang letaknya tidak jauh dari kolam penampungan limbah dan pabrik.
3. Setelah dilakukan pengecekan di kolam penampungan Limbah Perusahaan sawit PT. WHS ditemukan kolam bekas tumpahan limbah yang meruap sehingga tumpah ke areal perkebunan sawit yang terdapat anak sungai Serabung hingga ke sungai Sajingan kecil
4. menurut penilaian dari Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Sambas bahwa kolam penampungan limbah PT. WHS sudah tidak layak serta  sebelumnya sudah diberikan surat peringatan kepada PT. WHS mengenai kelayakan kolam penampungan limbah.
5. Di duga limbah milik PT.WHS mengaliri sungai serabung yang merupakan hulu dari sungai Sajingan Kecil Desa Semanga.
6. Setelah dilakukan pengecekan di kolam penampungan limbah tim beserta beberapa warga masyarakat dusun Sajingan Kecil mendatangi PKS PT.WHS dan melakukan wawancara dengan pihak PT. WHS mengenai limbah yang telah mencemari Sungai Sajingan Kecil.
7. dalam wawancara tersebut Pihak PKS PT.WHS melalui manager PKS Bp.SRI WIDODO menyatakan bahwa  pihak PT. WHS tidak ada membuang limbah ke aliran air sungai.
8. Kolam Penampungan limbah milik PT. WHS mengalami kebocoran sehingga mengalir ke sungai serabung selanjutnya ke sungai terusan Dusun Sajingan Kecil Desa Semanga Kecamatan Sejangkung.
9. Pihak PT. WHS juga menyatakan bahwa akan mempertimbangkan dan akan berkoordinasi dengan atasan PT. WHS untuk melakukan tindakan berkenaan limbah yang telah mencemari sungai Sajingan Kecil sesuai dengan tuntutan warga Dusun Sajingan Kecil Desa Semanga Kecamatan Sejangkung serta akan melakukan tindakan cepat terhadap kelayakan kolam penampungan limbah agar tidak terulang kembali pencemaran limbah di sungai Sajingan Kecil Desa Semanga Kecamatan Sejangkung.

Hasil uji lab sampel air yang di ambil oleh petugas akan di ketahui hasilnya pada 15 hari yang akan datang.


Dapat di analisakan pencemaran sungai Sajingan Kecil Desa Semanga Kecamatan Sejangkung oleh limbah PT. WHS merupakan kelalaian dari PT. WHS, karena kolam penampungan limbah yang dipergunakan untuk menampung limbah pada saat ini sudah tidak layak dan tidak ada upaya pembenahan dari pihak PT. WHS.

Pencemaran Limbah di sungai Sajingan Kecil desa Semanga Kecamatan Sejangkung saat ini merupakan kejadian yang kedua kalinya, dari itu Plh Kapolsek Ipda Rio Charles Hutahaean, S.H. menekankan kepada pihak PT.WHS untuk segera membenahi kolam penampungan, jika pihak PT. WHS tidak membenahi kolam penampungan limbah yang ada saat ini maka pencemaran limbah ke sungai Sajingan Kecil akan terulang kembali prihal ini akan dapat menimbulkan konflik antara warga dan pihak perusahaan PT.WHS tegasnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLSEK JAWAI LAKSANAKAN OLAHRAGA PAGI AGAR TETAP BUGAR DALAM MENJALANKAN TUGAS

Pastikan Kegiatan Pengujian naik tingkat IKS PI Kera Sakti Cabang Sambas Lancar, Bhabinkamtibmas ini berikan pengamanan dan pengawalan

Polsek Sajingan Besar Didatangi Propam Polda Kalbar.