BHABINKAMTIBMAS POLSEK SELAKAU HADIRI KEGIATAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN 2018 & PENETAPAN APBDES 2019 DESA GAYUNG BERSAMBUT




HUMAS POLRES SAMBAS - Salah satu peranan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat ( Bhabinkamtibmas ) adalah hadir di tengah masyarakat dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat positif di lingkungan desa. Seperti halnya Brigpol Albert H Simarmata, Bhabinkamtibmas Polsek Selakau Polres Sambas Desa Gayung bersambut mengikuti kegiatan laporan pertanggung jawaban tahun 2018 & penetapan APBDes Gayung bersambut tahun 2019 yang dilaksanakan di Balai Desa Kantor Desa Gayung bersambut (31/01/19).

Terkait dengan kegiatan ini, di tempat terpisah Kapolsek Selakau Ipda Sugiyono, S.H. mengatakan bahwa pentingnya kerja sama antar instansi dalam rangka meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat dengan selalu memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya sistem pembangunan nasional beserta prosedur peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Kegiatan dipimpin dan dibuka oleh Kepala desa Gayung bersambut Bapak Jaini pada pidato pembukaannya, pimpinan rapat mengajak masyarakat yang hadir untuk bisa mengikuti kegiatan musyawarah dengan sebaik - baiknya. Acara tersebut dihadiri sekitar 60 orang peserta undangan yang mewakili unsur Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Pendamping Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, BPD, LPM, ketua RT/RW, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Gayung bersambut Brigpol Albert H Simarmata menyampaikan pesan - pesan kamtibmas bahwa kegiatan musyawarah desa yang dilaksanakan dalam rangka pelaporan pertanggung jawaban tahun 2018 & penetapan APBDes tahun 2019 Desa Gayung bersambut harus berpedoman pada pada ketentuan Permendagri No.114 tahun 2014 pasal 30 tentang pedoman pembangunan desa, Permen No 22 tahun 2016 pasal 3, ada 4 hal yang bisa menggunakan Dana Desa antara lain adalah Pemberdayaan pembinaan masyarakat desa, Infrastruktur Desa, Pelayanan Kesehatan dan Teknologi tepat guna.

Bhabinkamtibmas berharap program yang nantinya disusun, bisa berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahterakan masyarakat pada umumnya.
Kesimpulannya adalah khusus dana Desa peruntukannya bukan untuk Pembangunan sarana dan prasarana Desa. Bahwa dana alokasi desa tahun 2019 ini harus di alokasikan sesuai dengan peruntukannya, jangan sampai ada penyelewengan dana dari pihak mana pun. Masyarakat wajib mengawal jalannya pembangunan dan alokasi dana desa, agar supaya dalam pelaksanaannya dapat memberikan dampak yang positif dan dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Dalam pesannya, Bhabinkamtibmas tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada warga masyarakat desa Gayung bersambut yang selama ini telah membantu Polri dalam memelihara keamanan di lingkungannya, sehingga secara umum situasi keamanan di desa tersebut tetap kondusif. Stabilitas keamanan adalah hal yang penting dalam pembangunan, dengan situasi yang aman, maka pembangunan desa akan dapat terlaksana dengan baik. Petugas mengharapkan masyarakat dapat menjaga kerukunan antar warga, dan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan aparatur pemerintahan desa, bhabinkamtibmas maupun babinsa desa Gayung bersambut. Situasi yang aman di desa Gayung bersambut, tak lepas dari kepedulian seluruh masyarakat.

Selain itu Bhabinkamtibmas juga menyampaikan himbauan kamtibmas menjelang Pemilu 2019, dihimbau agar masyarakat menjadi peserta Pemilu yang bijak tidak terjerumus ke dalam kegiatan politik praktis. Selanjutnya disampaikan kepada masyarakat agar dapat menjadi pengguna teknologi yang cerdas agar terhindar dari berita yang bersifat hoaks.  Bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan, serta tetap siaga terhadap bencana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLSEK JAWAI LAKSANAKAN OLAHRAGA PAGI AGAR TETAP BUGAR DALAM MENJALANKAN TUGAS

Pastikan Kegiatan Pengujian naik tingkat IKS PI Kera Sakti Cabang Sambas Lancar, Bhabinkamtibmas ini berikan pengamanan dan pengawalan

Polsek Sajingan Besar Didatangi Propam Polda Kalbar.