Kanit Lantas Polsek Pemangkat Polres Sambas Sosialisasikan Larangan Mengendarai Sepeda Motor Siswa SMP




tribratanews.polri.go.id.poldakalbar.polressambas – Unit Lalu Lintas Polsek Pemangkat Polres Sambas melakukan sosialisasi dan edukasi budaya tertib berlalu lintas kepada siswa siswi SMP Amkur Pemangkat Kamis (31/ 01/ 19). Cara ini dipilih untuk lebih mendekatkan kepada para pelajar agar mau dan sadar terhadap budaya tertib berlalu lintas. Sehingga pelajar yang belum cukup usia tidak menggunakan kendaraan bermotor saat ke sekolah.

Kapolres Sambas AKBP PERMADI SYAHIDS PUTRA, S.I.K, M.H. melalui Kapolsek Pemangkat KOMPOL BAGIO ERIANTO, SH  mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan siswa siswi paham dan mau menaati rambu-rambu lalu lintas.

Kapolsek Pemangkat menambahkan , sosialisasi tertib lalu lintas yang dilakukan pihaknya alhamdulillah selalu mendapat respon positif dari pihak sekolah, terutama Kepala Sekolah, Guru, maupun siswa masing-masing sekolah. Agenda seperti ini juga menurutnya tetap akan dilakukan terus menerus secara berkesinambungan demi keamanan dan ketertiban bersama.

Apalagi selama ini tingkat pelanggaran lalu lintas cukup tinggi, khususnya di kalangan pelajar banyak yang belum memiliki SIM tetapi sudah mengendarai sepeda motor. begitu juga dengan pengemudi yang tak mengenakan sabuk pengaman.

Kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran siswa/i SMP Amkur Pemangkat dalam berlalu lintas dijalan raya yang tertib dan mematuhi aturan yang ada demi keselamatan berlalu lintas dijalan raya serta memberikan pengetahuan terhadap siswa/I SMP Amkur Pemangkat mengenai denda terhadap segala bentuk pelanggaran lalu lintas sesuai UU lalu lintas no.22 Tahun 2009.

Melihat sekarang ini banyak sekali terjadi kecelakaan akibat ugal ugalan dijalan raya tanpa mematuhi aturan, khususnya bagi remaja remaja yang masih labil dalam berlalu lintas. Akibatnya mereka sering melakukan hal hal yang dapat mengancam keselamatan mereka dan orang lain dijalan raya, seperti menggunakan handphone sambil mengemudikan sepeda motor, bergandengan dengan sepeda motor lain dijalan, dan bahkan tidak jarang lagi mereka kebut-kebutan dijalan raya atau dengan kata lain ugal-ugalan tanpa memikirkan prilaku itu dapat mengancam keselamatan dirinya dan orang lain.

Dan banyak nya pengendara sepeda motor khususnya bagi remaja yang tidak mematuhi syarat berkendara dijalan raya, seperti tidak menggunakan helm berlogo SNI saat berkendara, tidak memiliki sim c khususnya bagi sepeda motor, tidak memakai kaca spion pada kendaraannya, lampu depan belakang tidak hidup, dan sebagainya. Ini disebabkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang syarat berkendaraan yang baik dan benar.

Dengan demikian selain menjadi pelopor keselamatan untuk diri sendiri juga dapat menjadi pelopor keselamatan bagi orang tua, keluarga, dan orang-orang disekelilingnya. Kanit Lantas Polsek Pemangkat Iptu Hermanto menyampaikan pesan pesannya saat sosialisasi berlangsung, pihaknya selalu memberikan sejumlah pesan kepada pelajar sekolah mengenai pentingnya menaati aturan berlalu lintas. Para pelajar SMP Amkur Pemangkat juga diminta untuk selalu menjaga ketertiban berlalu lintas, menjaga keselamatan di jalan, mematuhi rambu lalu lintas dan saling menghargai sesama pengguna jalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLSEK JAWAI LAKSANAKAN OLAHRAGA PAGI AGAR TETAP BUGAR DALAM MENJALANKAN TUGAS

Pastikan Kegiatan Pengujian naik tingkat IKS PI Kera Sakti Cabang Sambas Lancar, Bhabinkamtibmas ini berikan pengamanan dan pengawalan

Polsek Sajingan Besar Didatangi Propam Polda Kalbar.