Bhabinkamtibmas Sampaikan Himbauan dan Pesan Kamtibmas Melalui Safari Jum’at




Tribratanews.polri.go.id.poldakalbar.polressambas – Kepolisian dari Sektor Pemangkat terus melakukan sosialiasi tentang bahaya penyebaran berita bohong (hoax) melalui media sosial karena akan berpotensi merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, warga masyarakat dihimbau agar tidak mudah percaya tentang adanya informasi negatif dan tidak jelas sumbernya yang banyak beredar di media sosial.

Salah satu sarana dalam menyampaikan himbauan untuk mencegah peredaran berita bohong (Hoax) adalah dengan melaksanakan Safari Jum’at, seperti pada Jum’at siang (29/03/2019) Bhabinkamtibmas Desa Parit Baru Polsek Pemangkat Brigpol M. Budiman melaksanakan Safari Jum’at di Masjid JARIYAH Dusun Batu Kura RT 01 RW 08 Desa Parit Baru Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas.

Sebelum pelaksanaan Sholat Jum’at berjamaah, Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas serta mengajak warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap masuk dan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme yang mengatasnamakan agama sekaligus mencegah beredarnya berita hoax.

“Tokoh Agama dan masyarakat, kami imbau untuk ikut membantu memelihara kondusifitas kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019, jangan sampai warga terpengaruh dengan adanya isu maupun berita berita bohong (hoax) yang banyak beredar dimedia sosial,” kata Brigpol M. Budiman.

Dia menambahkan, bahwasannya penyebar berita bohong (hoax) dapat dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 Undang Undang No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dalam pasal itu disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, dapat diancam dan bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.

“Polri mengingatkan kepada pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan isu demikian tidak melakukan lagi. Peran seluruh masyarakat sangatlah penting dalam pengawasan penggunaan teknologi, khususnya media sosial, kami minta warga dapat menyaring setiap menerima kabar atau berita sebelum menyebarkan kembali berita yang kita terima tersebut,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula Brigpol M. Budiman juga meminta kepada tokoh agama untuk dapat memberikan benteng dan pemahaman tentang agama kepada warga supaya tidak mudah terpengaruh dengan paham radikalisme, “Bagi warga untuk tidak sungkan segera melaporkan ke Polsek Pemangkat Polres Sambas bila ada hal hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas,” pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLSEK JAWAI LAKSANAKAN OLAHRAGA PAGI AGAR TETAP BUGAR DALAM MENJALANKAN TUGAS

Pastikan Kegiatan Pengujian naik tingkat IKS PI Kera Sakti Cabang Sambas Lancar, Bhabinkamtibmas ini berikan pengamanan dan pengawalan

Polsek Sajingan Besar Didatangi Propam Polda Kalbar.